3 Rekomendasi Tom Yum terbaik di Bangkok, Thailand menurut MAKANTERUSSS

Halo EATers tentunya aku masih ingin berbagi pengalamanku ketika mengunjungi negeri gajah putih. Tidak pernah ada kata bosan ketika bereksplorasi dinegara ini, budaya, adat, pemandangan alam serta kulinernya semuanya mengesankan. Tentunya salah satu jenis makanan ini sudah tidak asing lagi ditelinga kamu yaitu adalah tom yum. Aku sendiri yakin pasti diantara kamu sudah pernah bahkan sering hingga mengidolakan jenis makanan satu ini, termasuk aku sendiri. Ternyata nih EATers, tentunya sebagai orang Indonesia kita pada umumnya hanya mengetahui jenis tom yum yang berwarna sedikit orange kemerahan saja. Tetapi ada juga loh varian tom yum yang warnanya bening seperti sop bening di Indonesia tetapi rasanya tetap asam pedas gurih Ada juga tom yum yang menggunakan santan sehingga warnanya lebih pekat.

Dicerita kali ini aku akan memberikan 3 rekomendasi tom yum favoritku yang ada di Bangkok, Thailand untuk kamu. Siapa tau nanti kamu ini bisa membantu kamu dan dapat menjadi rekomendasi ketika kamu sedang berada atau ingin mengunjungi Bangkok, Thailand. Berikut selengkapnya :

1. Pe’ Aor Restaurant

Tampak Depan P’Aor
Tampak Depan P’Aor
Tampak Depan P’Aor

Ini adalah kali pertamaku mengunjungi tempat ini, tentunya kebanyakan kita sebagai turis asing seringkali menginap didaerah Pratunam sehingga dekat dengan Siam, Platinum Fashion Mall dan lain-lain. Letak P’Aor ini sendiri tidak jauh kok dari daerah Pratunam tetapi kalau kamu ingin jalan kaki dari Platinum Fashion Mall sebelum Embassy Republik Indonesia tentunya memerlukan sedikit energi lebih karena lumayan jauh juga hehehe. Tetapi kalau kamu ingin lebih mudah bisa menggunakan BTS alias sky train dan turun di stasiun Ratchatewi. Ketika kamu sampai di stasiun Ratchatewi kamu berjalan kaki menuju jalan Soi Petchaburi 5 diantara soi 5-7, Phaya Thai.

Setelah kamu sampai dijalannya kamu masuk kedalam gang kecilnya nanti setelah tukang buah kamu akan melihat kedai satu ini kok, btw kalau kamu nggak mau capek atau mungkin yang mau simple bisa naik transportasi online kok dengan langsung mencari P’Aor.

Tom Yum topped with Prawn, Marinated Pork, Boiled Egg with Egg Noodle
Tom Yum topped with Prawn, Fish, Squid, Mussels with Kwetiau

Jadi disini EATers pertama bisa memilih mau varian atau pilihan menu tom yum yang mana, semuanya sama tetapi yang berbeda hanyalah topping dan ukuran porsinya. Kuah tom yum disini creamy dengan kaldu udang dan susu. Setelah itu kamu juga bisa memilih mau menggunakan mie yang mana, disini ada mie hijau organik, mie kuning, kwetiau, bihun, mie telor, glass noodle. Kalau kamu ingin share bisa juga loh memesan menu yang satu ini yang menggunakan lobster dan bisa dishare untuk 4 orang bahkan lebih. Harga tom yumnya menurutku sih lumayan pricy tetapi untuk rasanya sih ok banget, start dari THB 50 hingga THB 999. Selain menu tom yum disini juga tersedia berbagai menu Thai Food lainnya kok, siapa tau kamu pengen sekalian menyantap menu lainnya.

Location :

P’ Aor

68/51 Soi Petchaburi 5 street, Between Soi 5 – 7

Phaya Thai, Ratchathewi, Bangkok, Thailand.

Phone : +66 2612 9013

Opening Hours : 

Tue – Sun : 10.00 AM – 09.00 PM

Mon : Closed

2. Jeh o Chula 

Jeh o Chula
Antrean ketika malam disini
Jeh o Chula
Suasana di Jeh o Chula

Tempat tom yum kedua rekomendasi aku adalah disini EATers, Jeh o Chula. Dimana Jeh o Chula ini sendiri sudah beroperasi mulai pukul 05.30 PM tetapi untuk menu utamanya dan menjadi bintangnya sendiri baru dijual dari pukul 11.00 PM. Sebelum menu tom yum dijual kamu jika datang kepagian bisa juga loh mencicipi berbagai Thai Food yang tersedia disini, tetapi sayang saja kamu tidak mencoba menu utamanya yaitu Tom Yum Mama Noodle. Ketika aku mampir ke Jeh o Chula ini sendiri menggunakan transportasi umum yaitu BTS alias sky train turun di stasiun National Stadium dan berjalan kaki menuju Jeh o Chula. Aku sendiri tidak menyarankan kamu untuk berjalan kaki menuju lokasi ini karena jauh dan cukup memakan energi, lebih baik ketika kamu sudah turun di BTS National Stadium langsung naik tuk-tuk atau transportasi online menuju tempat ini.

Tom Yum Mama Noodle
Tom Yum Mama Noodle

Ini dia akhirnya setelah antre cukup lama dan memesan makanan juga cukup lama karena situasi Jeh o Chula yang sangat ramai akhirnya pesanan makananku keluar juga yaitu Tom Yum Mama Noodle dengan menggunakan topping udang, cumi, bakso babi, roasted pork. Menurutku disini rasa kuah tom yumnya seperti dipadu sedikit dengan bumbu mama noodlenya tetapi rasanya enak kok, apalagi dipadu dengan lembutnya mama noodlenya aduh membuat lupa diet. Apalagi waktu sudah menunjukan lebih dari jam 11 malam hehehe.

Tentunya selain menu tom yum disini juga menyediakan berbagai menu Thai Food lainnya loh, tapi tetep harus cobain tom yumnya ya EATers. Untuk pilihan tom yumnya sendiri banyak sekali, ada yang seharga THB 120 hingga THB 800 tergantung topping yang ada didalamnya. Untuk kuah dan mienya itu sama tetapi yang membedakan itu hanya porsi beserta toppingnya.

Location :

Jeh o Chula

Ban That Thong rd, 113 Charat Muang Road

Pathumwan, Bangkok .

Phone : +66 64118 5888 / +66 81682 8816

Opening Hours : 05.30 PM – 01.00 mid-night.

3. Inter Restaurant 

Inter Restaurant
Inter Restaurant
Inter Restaurant

Tempat tom yum ketiga yang menjadi favoritku berada di Inter Restaurant ini EATers. Letaknya berada dipusat kota Bangkok yaitu Siam tepatnya berada diarea ruko Siam Square. Pertama kali aku melihat tempat ini aku mengira bahwa makanannya akan mahal tetapi ketika aku masuk ternyata menu-menu makanan yang ada disini tidak mahal bahkan termasuk murah untuk ukuran restaurant yang berada di Siam Square. Cara kamu kesini sendiri tentu sangat mudah hanya turun di BTS Siam kemudian keluar kearah Siam Square. Tempat ini sendiri memiliki 2 lantai dan semuanya menggunakan pendingin udara, jadi jangan takut kamu disini tidak akan kepanasan ataupun dompet kamu tidak akan merasa kecolongan karena harga makanannya sangat pas sekali dikantong alias harga mahasiswa hehehe. Mereka punya 1 cabang lagi yang terletak di Max Value – Pattanakarn Junction siapa tau kamu lebih dekat kesana.

Tom Yum Goong
Pad Thai

Pilihan makanan di Inter Restaurant ini sendiri sangatlah beragam EATers dan tentunya sangat menggugah selera, sampai pada akhirnya rasa penasaranku membuat aku untuk memesan tom yum yang ada disini. Terkadang emang hampir sama sih tom yum di semua kedai ataupun restoran di Bangkok, tetapi tiap tempat memiliki cara dan kenikmatannya masing-masing termasuk di Inter Restaurant ini sendiri. Akhirnya setelah beberapa saat pesanan menu makananku sudah siap dihidangkan, semuanya mulai dicicip termasuk tom yum goong ala Inter Restaurant.

Aromanya saja sudah segar sekali, pas dicicip rasanya asam, pedas dan gurih kaldunya nendang banget. Kuahnya rasa asam pedasnya beneran menggetarkan lidah dan nikmat, jujur aku penggemar tom yum dan sampai saat ini di Jakarta jarang sekali aku bisa menemukan tom yum yang nikmat banget hehehe. Porsinya sih menurutku cukup untuk dibuat sharing 2 hingga 3 orang, btw karena aku pecinta pad thai aku ingin berbagi pengalaman juga ketika mencicipi pad thai yang ada disini menurutku untuk rasa pad thai disini ok. Bumbunya cukup rich dan ketika berpadu dengan ebi alias udang keringnya sih uh lalaaaaa. Ketika makan pad thai jangan lupa untuk di squeeze dulu jeruk nipisnya biar semua rasanya berpadu menjadi satu. Aku beneran rekomendasiin sih mampir ketempat ini soalnya banyak sekali pilihan dan rasa makanannya juga mostly enak serta harganya sangat terjangkau.

Location :

Inter Restaurant

432/1-2 Siam Square 9

Bangkok, Thailand.

Opening Hours : 11.00 AM – 09.00 PM

Phone : +66 2251 4689

Semoga 3 rekomendasi tom yum yang aku berikan ini dapat bermanfaat bagi kamu ya EATers, jika ada pertanyaan seputar kuliner di Bangkok langsung DM aku aja di instagram siapa tau aku bisa membantu kamu. Semoga hari kamu menyenangkan!.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s