SPOT MENARIK di Nusa Penida, Bali (Yang Harus dikunjungi)

Yeayy akhirnya aku bisa traveling lagi nih EATers. Tapi kali ini masih menjelajahi dalam negeri dulu. Karena masih penasaran dengan keindahan sisi lain dari Pulau Dewata makanya aku mutusin buat trip ke Nusa Penida kali ini. Perjalanan dari Pulau Bali ke Pulau Nusa Penida aku tempuh melalui pelabuhan sanur. Tetapi masih ada cara lain untuk ke Nusa Penida yaitu bisa melalui Pelabuhan Serangan, Pelabuhan Kusamba Klungkung atau Pelabuhan Padang Bai. Alasan aku milih berangkat dari pelabuhan sanur soalnya aku stay diarea Seminyak dan lebih dekat apabila melalui Sanur. Yuk simak perjalananku selengkapnya

Perjalananku ke Nusa Penida ini aku membeli package yang sudah include homestay dan perjalanan tiket speedboat pulang pergi serta motor yang dapat digunakan selama 2 hari 1 malam. Banyak pilihan paketnya apabila kamu ingin ke Nusa penida. Kalau aku sendiri mengambil package yang 3 hari 2 malam seharga hampir 400 ribu, termasuk murah kan dan katanya apabila pas normal harganya lebih mahal diatas ini. Packagenya sudah include speedboat Maruti Express yang pada hari ini berangkat sekitar jam 8 pagi. Perjalanan ditempuh kurang lebih 45 menit (bulatkan saja 60 menit ya EATers).

Sesampainya di Nusa penida, aku langsung ditunggu oleh guidenya yang akan memberikan kunci motor lalu mengantarkan kami ke homestay dimana aku akan menginap disana selama beberapa hari kedepan. Dari pelabuhan Toya pakeh kearea homestayku yang bernama Krisna tidak terlalu jauh. Tapi perjalanan agak berkelok-kelok dan turun naik tetapi jalanan semua mulus beraspal EATers. Setelah menaruh pakaian langsung aku bergegas untuk menuju ke destinasi pertamaku di Nusa Penida, Bali.

Diamond Beach
Diamond Beach

Perjalanan dari area guesthouse ku ditempuh selama 50 menitan. Perjalanan ke Diamond Beach ini turun naik dan berkelok-kelok EATers tetapi jalanannya sudah beraspal. Alasanku memilih ini sebagai destinasi pertama karena ini jaraknya menurutku paling jauh dari destinasi lainnya yang sudah aku list. Rasa penasaranku semakin memuncak seindah apakah pantai ini, apakah worth dengan perjalanan yang cukup memakan waktu dan bisa mikin mabok ini karena naik turun bukit. Dan ternyata ketika tiba disini beneran NGGAK NYESEL mutusin kesini. Terlihat dari atas saja sudah sangat indah sekali pantai ini, warnanya biru kehijauan dengan ombak yang cukup deras.

Ternyata tidak disarankan untuk surfing atau berenang diarea sini ya EATers karena memang ombaknya sangatlah deras sekali. Tetapi kamu menikmatinya sambil duduk dipinggir pantai aja udah beneran membuat hati tenang dan pikiran juga rileks. Perjalalan dari atas kebawah Diamond Beach ini ternyata cukup lumayan menguras tenaga juga. Tapi kamu bisa sambil mengabadikan momen kamu juga dari atas karena akan terlihat kilauan dan keindahan pantai ini. Pantas saja tidak dianjurkan untuk berenang dipantai ini karena ketika aku berada ditepi saja ombaknya saking derasnya bisa sampai membasahi pakaian loh.

Oh iya EATers, ternyata diarea ini tidak hanya ada 1 pantai saja loh, tetapi disisi satunya terdapat pantai yang nggak kalah indahnya juga bisa kamu kunjungi juga ya apabila mampir kearea ini nama pantainya adalah Atuh Beach.

Lokasi : Diamond Beach, Nusa Penida – Bali.

Tree House Nusa Penida

Nah guys masih ada lagi loh attraction yang menarik untuk kamu kunjungi selama berada di Nusa Penida ini. Namanya Rumah pohon, jadi disini kamu bisa melihat keindahan alam yang luar biasa. Terletak di area Thousand Island – nusa penida kamu bisa merasakan sensasi lain dari keindahan pulau Nusa Penida yang memukau. Lokasinya juga tak jauh dari pantai Atuh ya ini EATers. Perjalanan kesini dapat kamu tempuh selama 90 menit dari Pelabuhan Toya Pakeh tetapi dari Diamond atau Atuh Beach tidak memakan waktu terlalu lama. Kemarin pas aku kesini ketika kamu ingin berfoto dapat memberikan sumbangan sebesar 10 ribu/orangnya tetapi menurutku itu worth dengan keindahan yang dapat diabadikan untuk kenang-kenangan trip kesini.

Location : Tree House, Thousand island – Nusa penida, Bali.

View point Thousand island – Nusa Penida

Nah pas kamu mampir ke Tree House jangan langsung buru-buru balik ya, kamu harus naik keatas sedikit lagi untuk tiba dipuncaknya yang dikenal dengan nama view point of Thousand island. Beneran indah sekali EATers. Disini kamu bisa melihat hamparan pulau-pulau yang berjajar indah dengan udara sejuk dan laut yang biru. Ingat harus hati-hati ya karena dibawah lumayan curam. Menguatamakan keselamatan dan lebih berhati-hati tetapi jangan lupa untuk mengabadikan momen keseruanmu disini juga ya.

Location : view point Thousand island, Nusa penida

Klingking Beach

Sebelum mengunjungi tempat ini aku sempat bertanya-tanya kenapa pantai ini namanya kelingking, apa karena pantainya kecil? oh ternyata ketika tiba dipantai Klingking ini dan melihat langsung ternyata tebingnya berbentuk seperti jari kelingking EATers. Indah beneran dan memukau dari atas, itu yang membuat aku berkeinginan untuk turun kebawah untuk kepantainya. Tetapi ternyata perjalanan kearea pantai dibawah tidak semudah itu. Setengah jalan sudah bagus disemen dan terdapat pagar pembatas tetapi setengahnya masih berbatu EATers dan jalannya tidak mulus. Aku sendiri sudah berhasil sampai setengah jalan dan melewati bagian jalan yang berbatu tetapi aku mengurungkan niat karena semakin lama perjalanan turun semakin curam. Apalagi angin berhembus cukup kencang membuat semakin gemeteran hahaha.

Untuk kamu yang memiliki keinginan turun dan penasaran melihat langsung bagaimana situasi pantai Klingking ini yuk dicoba, karena ketika mendengar cerita dari warga sekitar pantainya juga indah dan nggak kalah menarik loh untuk dieksplorasi. Dan di Klingking beach ini juga merupakan spot untuk diving pari manta loh EATers atau Manta Point. Pantai Klingking ini juga berbatasan langsung dengan pantai Paluang.

Lokasi : Klingking Beach (Kelingking Beach), Nusa Penida.

Paluang Cliff

Nah EATers setelah mengunjungi Klingking beach jangan langsung buyar ya, tapi harus juga buat mampir ke Paluang Cliff. Perjalanan dari Klingking beach menuju Paluang Cliff tidak lah jauh hanya sekitar 15 menit saja dengan menggunakan sepeda motor. Dari Paluang cliff ini kamu bisa dapat melihat sisi lain dari Klingking beach dan melihat keindahan karya Tuhan yang luar biasa indahnya. Jangan lupa juga untuk mengabadikan momen berhargamu disini juga ya. Karena beneran indah sekali.

Lokasi : Paluang Cliff, Nusa Penida.

Broken Beach

Masih ada lagi loh EATers destinasi wisata seru di Nusa Penida. Nah aku juga mampir nih ke Broken Beach. Terdengar aneh ya dari namanya apabila kamu belum pernah mengunjunginya. Berlokasi di Banjar Sumpang, Bunga Mekar – Nusa Penida. Pantai ini juga menyuguhkan keindahan alam Penida yang menakjubkan juga loh. Yang menjadi daya tarik dari pantai ini sendiri dikarenakan pantai ini berada diantara tebing setinggi 50-200 meter yang airnya bersumber dari air laut lepas yang masuk kedalam terowongan pada tebing. Lubang tersebut ternyata terbentuk akibat abrasi selama ratusan tahun loh EATers. Masyarakat sekitar sini juga suka menyebut Broken beach sebagai Pasih Uug yang berarti pantai rusak tetapi untuk wisatawan mancanegara lebih mengenalnya dengan sebutan Broken Beach.

Ketika tiba disini jangan lupa berfoto dari pinggir tebing menghadap kearah “bagian yang rusak” itu ya EATers beneran cakep deh, tapi ingat harus tetapi mengutamakan keselamatan ya!.

Lokasi : Broken Beach, Nusa penida.

Angel Billabong

Masih berada disatu lokasi yang sama dengan Broken Beach, masih ada destinasi lain yang menarik untuk kamu kunjungi. Namanya adalah Angel’s Billabong, Angel yang berarti bidadari dan Billabong yang berarti ujung dari sungai yang buntu membuat julukan ini seakan tepat untuk objek wisata yang memukau tersebut. Karena Angel’s Billabong ini merupakan muara akhir dari sebuah sungai sebelum sungai tersebut sampai kelaut lepas EATers. Keindahannya dapat kamu lihat dari atas dimana warna air dikolam yang memancarkan cahaya yang memukau. Yang menjadi ciri khas dari Angel’s Billabong ini adalah batuan karangnya yang berwarna hijau kekuningan.

Lokasi : Angel’s Billabong, Nusa penida.

Tembeling Beach and Natural Pool

Masih ada lagi destinasi yang tidak boleh kamu lewati ketika berada di Nusa Penida. Disini kamu bisa menikmati berendam dan berenang dikolam yang berasal dari mata air alami loh EATers. Karena tidak mau melewatkan pengalaman itu makanya aku langsung nyebur kedalam kolam untuk merasakan sendiri sensasi berendam dikolam alami itu. Ternyata emang benar airnya seperti ada aroma oksigennya dan segar sekali ketika berendam disini. Airnya berbeda seperti air lain yang sudah diberi obat atau kaporit. Segar dan menenangkan sambil mendengar deru air dipantai.

Tembeling Beach and Natural Pool

Tapi tidak hanya itu saja loh, di Tembeling ini juga memiliki sisi lain yang tak kalah menariknya. Disini kamu bisa melihat spot batu-batu pantai yang tersusun rapi dan terdapat ayunan yang dapat kamu gunakan untuk menikmati keindahan alam di Tembeling Beach and Natural Pool ini.

Perjalanan ke Tembeling Beach

Nah ini aku mau kasih tau kamu perjuangan ke Tembeling beach and Natural Pool ini, Perjalanannya lumayan menantang karena jalannya tidak semuanya mulus dan masih berbatu, ada yang sudah diaspal tetapi sangat sempit yang apabila kamu oleng sedikit bisa jatuh dari ketinggian. Ketika setibanya di Tembeling dan menanyakan dengan warga sekitar mereka mengatakan memang aksesnya cukup sulit kesini karena jalanan masih mayoritas berbatu dan melewati area hutan. Yang lebih berbahaya apabila sehabis hujan karena pasti jalan akan licin tetapi untung saja kemarin pas aku kesini cuaca sangat baik sekali. Karena pengalaman menuju surga tersembunyi sedikit menantang dan aku tidak ingin mengambil resiko makanya ketika kembali menuju jalan akses utama aku meminta bantuan dengan warga sekitar untuk menjadi ojek untuk membantu mengendarai sepedamotor yang disewa. Semoga saja nanti ketika kembali ke Tembeling Beach and Natural Pool ini aksesnya akan semakin bagus ya nanti.

Lokasi : Tembeling beach and Natural Pool, Nusa penida.

Buat kamu yang ingin menikmati sisi lain keindahan dari Pulau Bali aku memberikan rekomendasi untuk dapat mengunjungi pulau Nusa Penida ini, karena disini kamu bisa merasakan keindahan dari pulau yang memiliki spot-spot yang unik dan menarik serta dapat membuat kamu terpukau. Kamu bisa memilih menggunakan private tour, mengambil package atau solo traveling (bersama teman dll). Harus mampir beneran! karena disini kamu bisa menikmati sunset, sunrise, melihat pantai yang indah serta gugusan pulau dan juga diving pari manta serta masih banyak lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s