KULINER WAJIB IBUKOTA BARU INDONESIA DI KALIMANTAN TIMUR (Area Samarinda – Balikpapan)

Hai EATers, kali ini aku mau memberikan rekomendasi kuliner yang harus kamu coba ketika mengunjungi Kalimantan Timur. Tepatnya diarea Samarinda – Balikpapan, banyak banget loh kuliner bahari yang nikmat dan menggiurkan disana. Sayang sekali kalau ragam kuliner ini terlewatkan dan nggak kamu coba ketika jalan-jalan ke Samarinda atau Balikpapan, Kalimantan Timur. Yuk simak selengkapnya.

Sebelum aku memberikan rekomendasi kuliner yang wajib kamu coba di Kalimantan Timur, tentu kamu mengetahui bahwa pemerintah berencana memindahkan ibukota Indonesia ke Kalimantan Timur. Tentunya aku sendiri sebagai putra daerah kelahiran Kalimantan Timur cukup bangga dan senang soalnya diprovinsi ini selain budaya yang kental, pemandangannya yang memukau, masyarakatnya yang ramah tetapi juga ragam kulinernya itu loh juga menarik. 

Makanya EATers, kali ini aku ingin berbagi rekomendasi kuliner wajib yang harus kamu coba. Berikut diantaranya :

1. Nasi Kuning

Menu yang biasanya disantap ketika sarapan pagi ini, harus kamu coba. Mungkin kamu bertanya-tanya kok nasi kuning sih. Soalnya kan nasi kuning bisa dan banyak ditemui dibanyak daerah, tetapi nasi kuning di Kalimantan Timur ini berbeda EATers. Menggunakan lauk daging sapi, ayam, ikan haruan atau ikan gabus yang disiram dengan bumbu merah yang warga lokal suka sebut dengan bumbu Bali ini yang membedakan nasi kuning disini dengan didaerah lainnya. Untuk nasinya sendiri sama kok dengan nasi yang ada didaerah lainnya yang dimasak dengan santan yang berwarna kuning. 

Kalau kamu ingin menyantap menu nasi kuning ini harus dipagi hari ya EATers, karena kebanyakan menu ini disantap ketika sarapan pagi. Tetapi seiring berjalannya waktu ada beberapa tempat yang juga menyajikan menu nasi kuning ini dimalam hari.

2. Soto Banjar

Menu berkuah ini pada umumnya disantap pada saat sarapan pagi, sebagai menu pilihan selain nasi kuning. Menggunakan suwiran daging ayam, ketupat, perkedel kentang, potongan telor bebek dengan daun sop dan bawang goreng ini harus kamu coa juga. Ini merupakan salah satu jenis soto favoritku dimana kamu bisa ngerasain gurih kuahnya berpadu dengan topping diatasnya. ENAK BENER!.

3. Lontong Sayur

Potongan lontong atau ketupat yang disiram dengan kuah lodeh santan lalu diberikan potongan ikan haruan (Ikan gabus) atau daging yang berbumbu merah atau lebih disebut dengan bumbu bali ini juga harus kamu coba. Menu ini biasa disantap ketika sarapan pagi yang disediakan kebanyakan diwarung kopi atau tempat menjual nasi kuning. Kuahnya gurih dipaduin dengan potongan sayur lodeh sih beneran nikmat bener.

4. Kepiting Asap

Kepiting? emang bedanya apa sih kepiting di Kalimantan Timur dengan kepiting yang ada didaerah lainnya. Kalau disini kamu harus cobain Kepiting Asap mereka, dinamakan kepiting asap karena kepitingnya dibumbuin didalam aluminium foil lalu dibakar. Jadi ketika disantap ada aroma smokynya dan gurih dari bumbu itu sendiri, banyak juga loh yang menjadikan Kepiting Asap ini sebagai oleh-oleh buat dibawa ketempat tujuan. Biasanya juga untuk jenis kepitingnya juga bisa dipilih mulai dari kepiting ukuran biasa, kepiting jantan, kepiting betina hingga kepiting super. 

5. Ikan Patin

Ikan sungai yang juga bisa ditemui di Sungai Mahakam ini harus kamu coba ketika berkunjung ke provinsi ini. Biasanya disajikan sebagai ikan bakar, ikan goreng atau dijadikan gangan asam. Kalau ikan patin ini dibakar biasanya dipadukan dengan sambal mangga hingga sambal terasi, ikannya segar disini EATers. Jujur di Jakarta aku belum nemui ikan bakar seenak disini. Menu ikan ini bisa kamu temui dibanyak resto bahkan kedai seafood di Kalimantan Timur. Jenis ikan ini sangat digemari loh soalnya juga tinggi omega 3 nya. 

6. Coto Makassar

Tentu kamu sudah tau makanan khas Sulawesi Selatan satu ini. Makanan berkuah ini terbuat dari jeroan sapi yang direbus dalam waktu lama sehingga membuat kuahnya sangat gurih sekali. Disantap dengan ketupat makin menambah kenikmatan ketika menyantap menu satu ini. Di Kalimantan Timur juga banyak loh kedai Coto Makassar yang bisa kamu santap disini. 

7. Buah Lai (Durian Kalimantan)

Buah asli Kalimantan yang memiliki paras serupa dengan durian ini wajib kamu coba ketika jalan-jalan ke Kalimantan Timur. Tetapi sebenarnya buah ini tidak hanya bisa kamu temui di Kalimantan timur saja loh tetapi dihampir semua Kalimantan, banyak yang menyebutnya dengan nama berbeda mulai dari Buah lai, Pekawai, Ruas dan lain-lain ini berwarna kuning dan memiliki aroma yang tidak menyengat seperti buah durian. 

Teksturnya tidak benyek dan katanya sih buat kamu yang kolestrol tidak perlu khawatir ketika ingin mengkonsumsi jenis buah satu ini. Buah lai ini sendiri merupakan buah musiman EATers, biasanya banyak ketika dibulan Januari hingga maret. Aku sendiri baru tau loh kalau Buah lai ini juga memiliki beberapa jenis, diantaranya buah lai durian, buah lai hingga buah lai api. 

8. Martabak Kareh

Martabak tentunya udah jadi salah satu menu cemilan wajib dimalam hari ya EATers, tapi untuk menu satu ini unik loh. Banyak dijual diarea Loa Tebu, Kutai Kartanegara dan disantap sambil menikmati keindahan Sungai Mahakam. Martabak kareh sendiri terbuat dari lempeng yang dilapisi telor yang dicampur dengan irisan bawang bombai, bawang prei, bawang merah hingga cabe hijau lalu disiram dengan kuah kareh. Martabaknya pada umumnya diorak arik lalu dipaduin dengan daging ayam atau daging kambing. Aku suka banget EATers, apalagi pas dicampur dengan acar juga!.

9. Kue Keroncong

Masih terletak diarea Kutai Kartanegara atau lebih tepatnya di Tenggarong kamu bakalan banyak menemui jenis kue tradisional satu ini. Kalau didaerah lain disebut dengan kue pukis hingga kue bandros. Ketika kamu melewati jembatan Tenggarong kamu bisa melihat disekeliling cukup banyak yang menjual kue satu ini. Kalau di Tenggarong kue ini berwarna kuning.

Sekian EATers, untuk rekomendasi kuliner di Kalimantan Timur menurut MAKANTERUSSS. Semoga rekomendasi aku bisa berguna untuk kamu yang bingung atau ingin mencari kuliner wajib lokal yang ada di Kalimantan Timur ya!.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s