Kegiatan Yang Harus Kamu Lakukan di Seoul, Korea Selatan!

Halo EATers, kali ini aku akan menceritakan pengalaman berkesanku ketika mengunjungi negeri ginseng Korea Selatan kemarin. Jadi ini merupakan salah satu trip yang paling berkesan dan menyenangkan buatku. Tidak hanya budayanya tetapi juga makanan hingga attraksi yang dipunyai oleh negara ini khususnya kota yang aku kunjungi, Seoul. Baru mengunjungi satu kota saja di Korea membuatku ingin kembali lagi bahkan untuk mengunjungi kota-kota lainnya.

Dari pengalamanku kemarin aku akan memberikan rekomendasi buat kamu mengenai beberapa hal yang harus kamu lakukan ketika berada di Seoul, Korea Selatan. Ada salah satu hal yang menurutku sangat juga dibutuhkan ketika kamu berada di Korea yaitu adalah T-Money Card, kartu seperti flazz atau e money ini sangat dibutuhkan ketika kamu ingin menggunakan public transport, selain itu T Money Card juga bisa kamu gunakan untuk  berbelanja disupermarket loh. Untuk beberapa attraksi yang harus kamu coba, berikut diantaranya :

1. Ehwa Korean School Uniform

Ini adalah salah satu pengalaman yang berkesan buatku ketika mengunjungi Seoul kemarin, aku mampir ke Ehwa Gyobok untuk menyewa pakaian sekolah Korea. Ini aku rekomendasikan sekali kepada kamu sih Korean Lovers! karena disini kamu bisa merasakan gimana rasanya jadi pelajar Korea.

Kalau pada umunya ketika ke Korea pasti menggunakan hanbeok, buat kamu yang sudah pernah dan ingin mencari pengalaman lainnya aku saranin sih untuk mencoba menyewa pakaian sekolah ala Koreanya disini. Karena di Ehwa Gyobok ini kamu bisa menyewa pakaian sekolahnya mulai dari 1 hari hingga 3 hari. Ketika kemarin aku berada disini aku memilih sendiri loh pakaian sekolah yang mau aku gunakan, beragam model dan warna serta ukuran. Jadi sebelum kamu memutuskan pakaian mana yang ingin kamu sewa, kamu dapat mencobanya terlebih dahulu.

Tetapi untuk pakaian yang bisa kamu coba hanyalah 2 pasang, apabila kamu ingin mencoba lebih 2 pasang maka kamu harus untuk membayar biaya tambahan lagi. Tapi menurutku untuk mencoba 2 pakaian lengkapnya sudah cukup sekali kok.

aku dengan pakaian sekolah Korea
Ehwa Gyobok

Di Ehwa Gyobok ini kamu juga bisa touch up lagi loh karena disediakan ruang make up hingga accessories pelengkap gaya kamu seperti pelajar Korea. Bahkan terdapat ruang kelas yang bisa kamu gunakan untuk berfoto seperti aku diatas ini. Seru banget sih! makanya aku rekomendasikan kegiatan ini buat kamu pecinta Korea. Oh iya, tentunya pakaian yang kita pinjam tentunya harus dipertanggung jawabkan ya. Apabila terdapat kerusakan, pihak manajemen dapat meminta denda atas kerusakan pakaian yang kita pinjam.

Mungkin pas kamu sudah menggunakan pakaian sekolah Koreanya ingin jalan-jalan atau berfoto diarea yang dekat dari tempat penyewaan baju sekolahnya. Beberapa attraction didekat Ehwa Gyobok ini antara lain Lotte World (3 menit berjalan kaki), Seokchon Lake (5 menit berjalan kaki), Jamsil Hangang Park (15 menit berjalan kaki) hingga yang terjauh Everland (menggunakan bus no.5700, kurang lebih 60 menit melalui Jamsil Station)

Untuk kamu yang masih bingung alamat dan cara untuk mampir ke Ehwa Gyobok, berikut aku bantu untuk directionnya :

  • Ambil subway jalur 2 atau 8 menuju Jamsil Station
  • Keluar dari exit 4 ketika kamu tiba di Jamsil Station
  • Jalan lurus sekitar 400 meter
  • Ehwa Gyobok terletak di Basement (b1) Galleria Palace Apartment (dekat Lotte World parking lot)

Opening Hours : 09.00 am – 10.30 pm (daily)

2. Everland

Tentunya buat kamu yang sudah pernah mengunjungi Korea Selatan sudah tidak asing lagi ketika mendengar Everland. Tapi buat kamu yang berencana mengunjungi Seoul tentunya Everland adalah salah satu attraction yang harus kamu kunjungi ketika berada di Korea. Karena memang Everland merupakan salah satu amusement park terbersar di Korea dan ketika aku mengunjunginya kemarin seperti mau balik lagi besoknya. Karena disini kamu bisa menemukan wahana-wahana yang seru banget.

Everland
Everland
Everland

Jadi amusement park Everland ini terbagi menjadi beberapa zona yaitu Global Fair, Magic Land, European Adventure, American Adventure hingga Zootopia. Jadi masing-masing area terdapat attractionnya masing-masing EATers. Buat kamu yang mau bersantai-santai juga ketika lelah bermain juga banyak spot-spot buat beristirahat sambil menikmati keindahan dari Everland ini. Kemarin ketika ketika siang hari jadi pas banget dijam makan siang, banyak juga loh pilihan makanannya dari asian, korean hingga western food yang bisa kamu pilih sesuai selera. Satu hal lagi yang buat aku nggak pernah lupain ketika di Everland yaitu pas uji nyali cobain T-Express mereka, yang buat aku ngeluarin air mata pas turun karena beneran manteeeepppp.

Hal lain yang buat aku suka dari Everland sendiri adalah kamu bisa melihat parade hingga atraksi yang menarik dijam tertentu. Jadi perhatiin jam dan jadwal acara yang ada di Everland juga ya supaya kamu nggak kelewatan atraksinya. Untuk Everland sendiri tidak tepat berada dikota Seoul seperti Lotte World ya EATers sehingga ketika kamu ingin kesini bisa menggunakan bus regular (menggunakan bus no.5002 (dari sinnonhyeon station, gangnam station, yangjae station) dan no.5700 (dari Gangbyeon station, Jamsil Station, Songpa Station Suseo Station) atau buat kamu yang ingin simple seperti aku kemarin bisa langsung book dari online agent menggunakan KTOURSTORY karena mereka memiliki package untuk ke Everland (tiket masuk dan transport pp), KTOURSTORY berangkat dari stasiun Myeongdong, Dongdaemun atau Hongik University.

Opening Hours : 10.00 am – 10.00 pm (cek kembali melalui website, bisa berubah operational hoursnya)

Website : http://www.everland.com

3. The Garden of Morning Calm 

Pada awalnya sebelum aku benar-benar datang kesini aku mengira kalau taman bunga ini B aja dan tidak menarik, tetapi ketika aku tiba di The Garden of Morning Calm ternyata semua yang aku bayangkan itu salah besar. Taman ini bener-bener bagus dan indah sekali, semuanya tertata rapi EATers. Terdapat 30 komplek taman disini dan masing-masing komplek memiliki keunggulannya masing-masing, satu hal lagi yang harus kamu ketahui EATers kalau The Garden of Morning Calm ini juga menjadi salah satu tempat shooting film korea loh seperti School (2017), The King in Love (2017), Hold Me Tights (2018) dan masih banyak lagi.

Aku di The Garden of Morning Calm
The Garden of Morning Calm
The Garden of Morning Calm
The Garden of Morning Calm

The Garden of Morning Calm ini sendiri tidak terletak dikota Seoul EATers tetapi diarea Gapyeong-gun. Untuk mencapai tempat ini sangatlah mudah sekali kamu juga bisa menggunakan bus (berangkat dari stasiun bus Dongseoul ke Cheongryangri transfer center nomor 1 dan tiba di Cheongpyeong Terminal) dan Subway (menggunakan gyeongchun line turun di Cheongpyong Terminal). Ketika aku berkunjungi kesini pada musim spring EATers dan ternyata dimasing-masing season terdapat attraction yang bisa kamu nikmati loh disini, seperti ketika spring (Spring Garden Festival), Summer (festival of roses, hydrangeas and Roses of Sharon), autumn (festival of chrysanthemums and autumnal tints) and winter (lighting festival).

Jangan lupa untuk menyiapkan kamera kamu untuk berfoto ya ketika berada di The Garden of Morning Calm karena emang banyak banget spot buat foto maupun ootd disini. Kalau kamu lapar dan pengen mencari cemilan atau makanan jangan khawatir karena disini juga terdapat ragam stall hingga restaurant.

Opening Hours : 08.30 am – 19.30 pm (tergantung sunset)

Website : http://www.morningcalm.co.kr

4. Gangchon Rail Park

Ini juga harus kamu cobain EATers, mengayuh sepeda sambil berkeliling melihat pemandangan yang indah. untuk kursinya bisa kamu pilih antara 2 hingga 4 tergantung banyaknya orang yang bersama denganmu. Sebelum menempuh perjalanan yang menyenagkan ini kamu akan memasuki area entrancenya disini aku saranin kamu untuk bersiap-siap seperti ke toilet dan lain-lainnya karena ketika kamu menaiki sepedanya tidak bisa stop EATers dan tidak terdapat pemberhentian kecuali telah mencapai titik akhir.

Processed with VSCO with c8 preset
Gangchon Rail Park
Processed with VSCO with c7 preset
Pemandangan selama berada disini

Aku kurang lebih mengayuh sepedanya sekitar 30 menit lebih, pada mulanya merasa malas sekali tetapi lama kelamaan menjadi semangat loh EATers karena memang pemandangan yang disuguhkan sangatlah menawan. Selama perjalanan dirail park ini kita akan memasuki beberapa tunnel yang memiliki tema masing-masing, ada yang ketika kamu berada di “surga” hingga ajep-ajep dalam tunnel. Perjalanannya akan melewati sungai Bukhangang yang indah.

Processed with VSCO with u5 preset
Setelah selesai menaiki sepeda untuk mencapai pemberhentian akhir akan menggunakan kereta

Untuk sepeda yang kita kayuh itu sudah memiliki track sendiri EATers jadi kamu tidak akan tersesat atau terpisah dari rombongan pengayuh lainnya karena memang memiliki railnya sendiri. Setelah selesai melewati track dari sepedanya kamu akan berhenti disatu stasiun, disana kamu akan naik kereta menuju pemberhentian akhir. Ini seru banget sih, tapi siapkan air minum siapa tau kamu kehausan ya! hahaha. But ini worth to try sih menurutku!.  Disini nggak cuma ada rail bike loh tetapi juga terdapat VR rail bike.

Untuk kamu yang ingin mengunjungi Gangchon Rail Park aku akan memberikan beberapa tipsnya, menggunakan Gyeongchon Line (turun di Gimyujong Station exit 1, kemudian berjalan kaki kurang lebih 5 menit) atau menggunakan bus (Nomor 1 atau 67 lalu turun di Gimyujong Bus Station).

Opening Hours : 09.00 am – 06.00 pm

Website : http://www.railpark.co.kr

5. Nami Island

Tentunya kamu sudah nggak asing lagi mendengar film Winter Sonata, salah satu film yang terkenal ditahun 2003 ini shootingnya di Nami island ini juga EATers. Jadi kemarin ketika aku di Korea juga berkunjung kesini, karena aksesnya masih bisa dijangkau dari Seoul. Nami island ini sendiri ternyata termasuk dalam UNICEF Child Friendly Park loh, banyak sekali aktifitas yang bisa kamu lakukan disini mulai dari Yeoncheon Paleolithic Festival, Pottery, Forest Treego dan masih banyak lagi.

Nami island berjarak 63 km dari kota Seoul EATers, sekitar 30 menit dari Cuncheon. Untuk menjangkau pulau ini kamu bisa menggunakan bus dari Gapyeong Station kemudian dilanjutkan dengan menggunakan ferry ketika kamu tiba di Gapyeong Wharf. Kamu tentunya harus membeli tiket bus hingga ferry dan tiket masuk. Atau mungkin apabila kamu tidak ingin repot seperti aku kemarin menggunakan lokal tur yang bisa kamu pesan secara online, disana juga terdapat package langsung menuju beberapa attraction lainnya seperti garden of morning calm, petite france hingga gangchon rail park. Atau apabila kamu ingin mencoba sendiri bisa menggunakan tips yang aku berikan tadi EATers.

Dikapal ferry menuju Nami Island
Aku di Nami Island
Aku di Nami Island

Nami Island memang harus dikunjungi EATers, disini aku bisa merasakan seperti menyatu dengan alam. Jauh dari polusi dan merasakan seperti dialam sesungguhnya. Kamu bisa melihat tupai berlarian hingga kicauan burung serta kupu-kupu yang terbang. Salah satu hal yang aku suka juga adalah ketika duduk ditepi sungai sambil menikmati angin sepoi-sepoi. Oh iya ini juga nggak boleh kamu lewatkan EATers, kemarin ketika aku di Nami island cobain jajanan Hotteok (Pancakes Korea) disini enak banget, apalagi baru dibuat ketika kamu pesen jadi masih anget. Nggak sabar buat balik lagi dimusim yang berbeda supaya bisa ngerasain sensasi yang lain.

Website : http://www.namisum.com

6. N Seoul Tower

Gedung tertinggi di Korea Selatan ini merupakan salah satu attraction yang harus kamu kunjungi ketika sampai disini. Karena dari tower ini kamu akan bisa melihat keindahan Seoul dari ketinggian, selain itu buat kamu yang membawa pasangan juga bisa memasang gembok cinta disetiap spot jembatan yang dikenal sebagai jembatan cinta.

N-Seoul Tower
N-Seoul Tower

Tinggi dari tower ini sendiri adalah 480 meter diatas permukaan laut, disini kamu akan juga menemukan berbagai kegiatan menarik seperti hanbok experiences center dimana kamu juga bisa menyewa hanbok disini, hingga cable car. Buat kamu yang ingin mencari restoran juga terdapat cukup banyak pilihan disini, tapi satu hal yang harus kamu lakukan adalah naik ke observatorynya. Pemandangan dari urinoir laki-lakinya saja bagus sekali melihat keindahan kota Seoul.

Buat kamu yang ingin kesini aku akan memberikan beberapa tipsnya, antara lain dapat dijangkau menggunakan Namsan Circulation Bus : Subway Line 3, Dongguk University Station exit 6 ambil bus nomor 02/03/05 atau bisa menggunakan cable car dengan menuju Myeongdong Station kemudian ketika kamu melihat pasific hotel jalan sekitar 15 menit kemudian ketika kamu melihat elevator langsung menuju ke boarding area.

Opening Hours : everyday

Website : http://www.nseoultower.co.kr

7. Gyeongbokgung Palace

Ketika kamu berada dikota Seoul dan ingin merasakan suasana kerajaan seperti difilm-film dinasti Korea kamu harus mampir ke Gyeongbokgung Palace, meskipun Korea bukanlah negara kerajaan sekarang tetapi budayanya tetap dilestarikan. Seperti ketika berada di Gyeongbokgung Palace ini dijam-jam tertentu kamu akan melihat prosesi pergantian penjaga kerajaan. Disini juga banyak digunakan sebagai lokasi pemotretan seperti pre wedding dan lain sebagainya.

Gyeongbokgung Palace
Gyeongbokgung Palace

Gyeongbokgung Palace ini sendiri dibangun pada tahun 1395 dinamai Gyeongbokgung Palace karena terletak diutara, Changdeokgung karena terletak ditimur, Gyeonghuigung karena terletak dibarat. Tetapi diantara palace tersebut yang terbesar adalah Gyeongbokgung Palace dan dikatakan terindah dari beberapa palace lainnya. Area palace ini pernah rusak ketika Korea digempur oleh Jepang pada tahun 1592-1598 tetapi direstorasi ketika pemerintahan Raja Gojong (1852-1919). Untuk kamu yang ingin mengetahui story dari palace ini juga terdapat layanan interpretasi yang bisa kamu gunakan di tourist information center (heungnyemun gate) .

8. Running Man Thematic Experiences

Untuk kamu pecinta Running Man, ketika berada di Seoul jangan lupa juga buat mencoba attraction ini. Disini kamu akan merasakan seperti anggota running man karena kamu akan melalui tantangan demi tantangan seperti di tv show tersebut EATers.  Kamu akan menyelesaikan misi serta tantangan demi tantangan yang ada.

Running Man Thematic Experiences
Running Man Thematic Experiences

Selain menyelesaikan misi di Running Man Thematic Experiences kamu juga bisa menemukan banyak spot untuk ootd atau foto loh seperti yang aku lakukan diatas. Disini kamu juga bisa menikmati VR juga diarea entrance, buat kamu penggemar running man sih ini wajib dikunjungi. Buat kamu yang ingin kesini berikut aku berikan tipsnya, gunakan subway line 1 menuju Jungak Station exit 3 kemudian belok kiri ke korner pertama lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki selama 3 menit.

Opening Hours : 10.00 am – 08.00 pm (durasi 60 menit)

Website : http://www.running-man.kr

9. Myeong Dong Shopping Street

Satu hal lagi yang tentunya harus dilakukan ketika berada di Seoul, Korea Selatan menurutku adalah belanja! tetapi nggak cuma belanja aja EATers tetapi sekalian jajan. Ketika berada di Seoul aku tinggal diarea MyeongDong. Salah satu area yang terkenal dengan pasar malam hingga skincarenya. Memang sih buat aku yang suka banget dengan namanya jajanan streetfood disini memang surganya, disini aku menemukan banyak sekali jajanan yang menarik. Selain itu disini juga surga belanja kosmetik karena kamu bisa menemukan beragam merk hingga produk kecantikan.

MyeongDong Street
Kyoja Noodle di MyeongDong
Lobster Keju
Odeng

Disini kamu juga bisa membeli banyak oleh-oleh EATers seperti cemilan khas Korea karena banyak sekali supermarket yang menjual beragam snack, makanan hingga kosmetik. Kalau kamu ingin jajan streetfoodnya aku rekomendasikan untuk mampir kesini sekitar jam 7 malam hingga 11 malam karena ketika sudah lewat dari jam 11 maka sudah banyak stall yang tutup. MyeongDong dipagi hari juga tetep hidup EATers tetapi untuk streetfoodnya baru banyak dimalam hari, disini kamu bisa berbelanja beberapa brand tetapi bukan high-end ya.

Beberapa area yang harus kamu kunjungi seperti Dongdaemun, Gangnam hingga Hongdae. Tetapi streetfoodnya buat aku tetep juara di MyeongDong EATers!. Diarea sini juga terdapat sekolah belajar kimchi dan tteokbokki loh yang bisa kamu ikuti hingga salah satu attraction akrobatik memasak populer seperti Nanta Show. Nggak sabar buat kembali lagi ke Korea buat menjelajahi negeri K-Pop ini lebih dalam lagi. Beneran sih suasana, budaya hingga makanannya juga bikin kangen.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s