BANGKOK TOURIST BOAT EXPERIENCE – CHAO PHRAYA RIVER (HOP ON – HOP OFF)

Halo EATers, kali ini aku bakalan sharing pengalamanku ke Bangkok, Thailand kemarin. Jadi aku berkesempatan merayakan tahun baru dinegeri gajah putih kembali. Tapi kali ini aku juga mencoba salah satu transportasi yang belum pernah aku gunakan sebelumnya setiap melancong ke Bangkok dan ini merupakan salah satu pengalaman yang berkesan buat aku. Yuk simak selengkapnya .

Jadi EATers, di Bangkok kamu tidak hanya bisa menggunakan transportasi darat loh untuk mengunjungi attraction yang ada di ibu kota Thailand ini. Kamu juga bisa menggunakan transportasi sungai atau menggunakan kapal hop on – hop off gitu. Konsepnya sih mirip sekali dengan kapal ferry yang ada di Sydney, Australia. Dengan menggunakan kapal ini kamu bisa menghampiri attraction-attraction yang ada ternama di Bangkok loh, mulai dari Asiatique, Wat Arun, Grand Palace, China Town dan masih banyak lagi.

maps
Rute Maps Hop On – Hop Off (Blue Line)
jam
Jadwal Keberangkatan Kapal

Kemarin ketika aku menggunakan kapal hop on – hop off ini aku turun dari station BTS Saphan Taksin yang terhubung dengan dermaga Sathorn. Kamu nggak perlu khawatir karena dari BTS ke dermaganya itu terhubung kok. Ketika kamu sampai di dermaga Sathorn kamu bakalan melihat kounter penjualan tiket kapal yang bernama Chao Phraya Tourist Boat. Ini merupakan kali pertama aku menggunakan kapal ini sehingga tentunya pada awalnya pun aku sedikit bingung mengenai cara penggunaannya, tetapi pelayanannya sangatlah baik. Awalnya kan aku masih melihat mapsnya dan kebingungan tetapi staffnya sangat cekatan sekali memberikan informasi mengenai service yang mereka sediakan.

Jadi EATers, tourist boat Chao Phraya ini banyak banget pilihannya dari blue line, orange line. Tetapi yang kita gunakan untuk tourist boat adalah yang blue line. Untuk tarifnya juga beragam loh EATers, antara lain :

  • All Day – All Night Pass (Unlimited) dari pukul 09.00 – 20.30 : THB 300
  • One Day River Pass dari pukul 09.00 – 17.30 : THB 200
  • One Night River Pass dari pukul 15.00 – 20.30 : THB 200
  • One Way (Single Journey) : THB 60

Jadi untuk harga servicenya itu bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan kamu EATers, kalau kemarin aku menggunakan yang One Day River Pass. Jadi aku bisa bebas kerute mana saja sesuai maps tanpa batas dari pukul 09 pagi hingga 17.30 sore hari. Aku saranin sebelum kamu membeli tiketnya sebaiknya lebih dahulu untuk menentukannya karena tiketnya tidak bisa di refund ya.

Satu hal lagi nih yang tentunya dibutuhkan oleh kita tentunya sebagai turis tentu membutuhkan yang namanya guide book mengenai attraction yang ada disetiap area. Chao Phraya Tourist Boat juga memberikan travel guide mengenai attraction yang ada dihampir semua dermaga tempat stop sesuai rute tersebut.

guide ook
Guide Book (One Day River Pass)

guide book 1guide book 2guide book 3guide book 4guide book 5guide book 6guide book 7guide book 8guide book 9guide book 10

Guide booknya seperti diatas EATers, lengkap banget dan didalamnya juga diberikan rekomendasi tempat makan yang harus dikunjungi hampir disetiap areanya. Oh iya tentunya ketika kamu ingin menggunakan fasilitas ini tidak hanya bisa membeli tiketnya di dermaga Sathorn loh tetapi kamu bisa membelinya disemua dermaga tempat kapalnya stop nanti, dimasing-masing dermaga terdapat konter untuk pembelian tiket kapalnya.

img_4224
Diatas kapal Hop On – Hop Off 

Untuk ragam kapalnya itu banyak banget EATers, aku beruntung banget nih ketika kemarin pertama kali menggunakan kapal ini. Bisa mendapatkan kapal yang ada lantai duanya terbuka. Jadi bisa menikmati angin sepoi-sepoi sambil melihat pemandangan Bangkok yang menawan. Ada info penting lagi nih yang aku pengen kasih tau, apabila kamu membeli tiketnya yang one night pass atau one day pass jangan sampai hilang ya untuk receiptnya karena apabila hilang kamu harus membeli tiket baru lagi, soalnya setiap kamu akan menaiki kapalnya tiket kamu akan diperiksa oleh staff dilapangan.

Seperti yang aku katakan tadi EATers, kalau ini merupakan pengalaman pertamaku untuk mencoba hop on – hop off tourist boat di Bangkok ini. Menurutku sih ini worth soalnya kamu bebas mengunjungi banyak destinasi yang menarik di Bangkok. Tetapi tidak semua keberangkatan dari dermaga Sathorn itu semuanya berbayar loh, karena apabila kamu ingin mengunjungi Asiatique atau Icon Siam dari dermaga Sathorn disediakan fasilitas kapal gratis menuju kesana dari masing-masing pengelola dan linenya bukan diantrean Hop On – Hop Off (Chao Phraya Tourist Boat) ya EATers.

Aku sendiri sih menyarankan apabila kamu hanya ingin ke Icon Siam atau Asiatique mendingan kamu menggunakan fasilitas kapal gratis dari pengelola daripada menggunakan tourist boat ini. Tetapi apabila kamu ingin mengunjungin destinasi lainnya diluar Asiatique dan Icon Siam kamu tentunya harus menggunakan kapal ini yang bisa kamu beli sesuai dengan kebutuhan kamu sendiri. Atau mungkin kamu mabok naik kapal, semua attraction tersebut juga bisa kamu hampiri dengan jalan darat kok.

snapseed
Aku di Wat Arun

Tentunya kalau ke Thailand harus mampir kenamanya kuil, kemarin juga nih EATers aku mengunjungi beberapa kuil yang ada di Bangkok antara lain Wat Arun, Wat Pho bahkan Grand Palace. Dalam rute Chao Phraya Tourist Boat kamu bisa turun didermaga yang langsung terhubung dengan Wat Arun tetapi ketika kamu ingin mengunjungi Wat Pho yang terletak diseberang Wat Arun kamu harus menyeberang kembali tetapi tidak bisa menggunakan kapal hop on – hop off ini. Untuk menyeberang ke Wat Pho kamu bisa menuju salah satu dermaga yang ada disebelahnya dengan membayar sekitar THB 20 perorangnya untuk sekali jalan.

Kemarin aku menyeberang ke Wat Pho menggunakan kapal tersebut dan berkeliling, ternyata area Wat Pho itu dekat sekali dengan Grand Palace sehingga aku tidak perlu membayar THB 20 kembali untuk kedermaga Wat Arun melainkan aku langsung mencari dermaga hop On – hop Off area Grand Palace. Sejujurnya selama aku ke Bangkok kesempatan naik kapal ini adalah salah satu yang memorable banget buat aku soalnya udah biasa nggak sih buat kesuatu tempat cuma naik mobil atau transportasi darat tetapi kali ini aku mampirnya malah menggunakan kapal. Seru banget deh experiencenya dan Thailand emang salah satu negara yang aku suka sekali, tidak hanya dari kulinernya saja tetapi juga attractionnya. Buat kamu yang belum cobain pengalamannya, cobain sendiri yuk!.

**based on experience January 2019.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s