Ragam Kuliner Nusantara di Festival Jajanan Bango #FJB2018

Halo EATers, tentunya sebagai orang Indonesia sudah terbiasa ketika menikmati sajian menu-menu makanan nusantara dengan bumbu dan aneka rempah yang menggoda. Kali ini aku akan berbagi cerita mengenai pengalamanku mampir ke festival tahunan yang paling ditunggu-tunggu di Jakarta bahkan Indonesia. Yuk simak ceritaku selengkapnya.

Jadi nih EATers seperti yang aku katakan diawal tadi, kali ini aku mengunjungi salah satu festival kuliner terbesar di Indonesia. Apalagi kalau bukan Festival Jajanan Bango, festival kuliner yang diselenggarakan oleh kecap Bango ini sendiri tahun ini menghadirkan lebih dari 80 kuliner nusantara loh dari barat hingga timur Indonesia. Itu sebabnya mengapa aku sangat excited sekali untuk mengunjungi festival kuliner ini. Aku sendiri sih setiap tahunnya memang tidak pernah melewatkan festival yang satu ini soalnya disini aku bisa menemukan banyak sekali ragam pilihan kuliner khas nusantara.

Acara Festival Jajanan Bango tahun 2018 ini di Jakarta diselenggarakan pada tanggal 14 hingga 15 April 2018 yang berlokasi di Park and Ride Thamrin 10, Jakarta. Untuk hari pertama (14 April 2018) festival ini dimulai dari pukul 08.00 hingga 22.00 WIB dan untuk hari kedua (15 April 2018) festival ini dimulai dari pukul 07.00 hingga 21.00 WIB. Untuk tahun ini sendiri EATers, Festival Jajanan Bango sendiri tidak hanya diselenggarakan di Jakarta saja loh tetapi juga di Makassar. Untuk Festival Jajanan Bango sendiri di Makassar akan diselenggarakan pada tanggal 05 hingga 06 Mei 2018 yang berlokasi di Lapangan Karebosi, Makassar.

Pintu Masuk Festival Jajanan Bango 2018 – Jakarta
90 Tahun Kecap Bango
Peta Festival Jajanan Bango 2018 – Jakarta
Festival Jajanan Bango 2018 – Jakarta

Daripada kamu penasaran makanya nih sekarang aku mau membagikan pengalamanku ketika mampir ke Festival Jajanan Bango 2018. Pertama kali ketika kamu tiba dipintu masuk kamu bisa langsung membeli tiket seharga IDR 10.000 di counter. Dengan harga tiket masuk sebesar IDR 10.000 kamu akan mendapatkan 1 produk dari kecap Bango dan 1 kipas. Dalam kipas tersebut terdapat peta festival dan juga tempat stampel yang bisa kamu kumpulkan ketika melakukan transaksi pembelian menu makanan diarea Festival Jajajan Bango EATers. Ketika stampel tersebut berhasil kami kumpulkan penuh, langsung aja deh ke counter redemption untuk penukaran hadiah. Seru banget kan, udah makan kenyang, puas terus bisa bawa pulang hadiah menarik lagi dari Kecap Bango.

Kalau aku sendiri sih kemarin karena rasa saking penasarannya aku dengan ragam kuliner nusantara yang ada di Festival Jajanan Bango 2018 ini aku mengunjungi event ini dipagi hari, jadi aku bisa sekalian sarapan dan makan siang deh disini. Lanjut lagi deh EATers keceritanya. Jadi setelah aku melewati pintu masuk sebelum kearea makanan pertama kali aku melewati area gallery Bango.

Gallery Kedelai Hitam Mallika
Gallery Petani Mallika
Lumbung Pilihan Terbaik

Penjaja Kuliner Nusantara
Game Tebak Rempah

Jadi ini dia EATers part yang menurut aku yang tidak hanya menarik tetapi juga edukatif. Soalnya diarea gallery Festival Jajajan Bango 2018 ini kamu bisa melihat, mempelajari dan mengetahui informasi mengenai Kecap Bango itu sendiri. Tentu kamu tau dong kalau kecap bango berasal dari kedelai hitam pilihan yang bernama Mallika, selain itu di gallery ini kamu juga bisa mengetahui mengenai sejarah kecap bango, perjalalanan Festival Jajanan Bango hingga mengenai makanan-makanan nusantara dari barat hingga timur. Makanan khas nusantara sendiri tentu disajikan dan dijajakan dengan cara dan penyajian berbeda-beda kan EATers, diarea gallery ini tentu kamu juga bisa mengetahuinya. Sangat edukatif dan informatif banget kan EATers.

Outdoor Area

Jadwal Acara di Panggung Utama 

Setelah kamu melewati area gallery di Festival Jajanan Bango ini EATers, kemudian kamu akan langsung masuk kearea outdoor, dimana area outdoor ini sendiri merupakan tempat dimana lebih dari 80 kuliner nusantara disajikan melalui tenant-tenant yang ada. Selain itu terdapat juga jadwal acara yang akan diselenggarakan di festival ini EATers. Dari demo masak, pertunjukan hingga layar tancap. Seru banget kan EATers, makanya nih aku nggak nyesel banget kemarin menghabiskan akhir pekanku buat mampir ke festival kuliner terbesar ini.

Taman Bermain Anak

Bagi kamu yang sudah memiliki anak tenang, disini terdapat fasilitas yang disediakan untuk anak-anak kok. Ditempat ini anak-anak akan diisi kegiatannya dengan mewarnai, selain itu juga terdapat tempat untuk ganti perlengkapan bayi hingga klinik juga loh EATers. Menurutku sih meskipun event Festival Jajajan Bango tahun 2018 ini diselenggarakan ditempat terbuka, tetapi fasilitasnya sangat lengkap dan memadai, terdapat juga toilet perempuan dan laki-laki yang bersih hingga tempat cuci tangan yang dilengkapi dengan sabun cuci tangan juga. Jadi jangan lupa EATers, sebelum makan atau habis dari toilet cuci tangan kamu ya biar terhindar dari kuman hahaha.

Stand Table depan panggung
Panggung Utama Festival 

Ini dia EATers yang aku ceritakan kekamu tadi, ini merupakan panggung utama dimana semua pertunjukan akan ditampilkan disini. Setelah kamu membeli atau memesan makanan kalau kamu ingin menonton pertunjukan bisa langsung aja membawa makanan kamu kedepan panggung soalnya terdapat standing table yang bisa kamu gunakan untuk menikmati hidangan kamu sambil menonton pertunjukan yang ada disini.

Keramaian di Festival Jajanan Bango
Keramaian di Festival Jajanan Bango

Liat deh betapa antusiasnya warga masyarakat buat mampir ke Festival Jajanan Bango ini, pagi-pagi aja udah rame banget kan EATers. Iya sih gimana nggak antusias, soalnya banyak banget ragam kuliner nusantara yang bisa ditemukan disini. Selain itu kebersihannya juga terjamin.

Stand Ikan Bakar Parape
Ikan Bakar Parape
Stand Sop Kaki Kambing Dudung Roxy

Pindang Pak Ndut
Stand Tongseng Pak Budi
Tongseng Pak Budi
Mie Aceh Seulawah
Mie Aceh Seulawah
Martabak 
Nasi Goreng Kebon Sirih
Ayam Bakar Rood Foodie
Pempek Nyonya Kamto

Liat deh EATers ini merupakan beberapa menu atau stand yang terdapat di Festival Jajanan Bango 2018, lebih dari 80 kuliner nusantara tersedia difestival ini. Saking banyaknya dan semuanya enak-enak aku sendiri akhirnya jadi bingung deh mau cobain yang mana. Ada ikan bakar parape khas Makassar yang rasanya gurih dan tasty yang kalau dicocol pakai sambal itu emang mantap banget, selain itu juga ada Sop Kaki Kambing yang pas banget buat kamu pecinta daging kambing soalnya kuahnya beneran meresap banget dan buat aku masih kebayang kenikmatannya.

Mie Goreng Aceh Seulawah juga ada loh di Festival Jajanan Bango, mie goreng aceh favoritku nih EATers. Soalnya selain harganya yang worth rasanya juga enak dan rempah-rempahnya berasa banget. Yang doyan tongseng juga ada loh disini, martabak bahkan Nasi Goreng Kambing hits satu ini yaitu Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih. Cara masaknya aja udah authentic banget yaitu menggunakan kuali besar jadi satu hal yang nggak bisa aku lupain sih emang setiap aku makan disana.

Siapa juga yang nggak tau kenikmatan dari Nasi Pindang Pak Ndut? di Festival Jajajan Bango juga ada loh EATers. Perpaduan antara daging yang empuk kemudian kuahnya yang gurih dan bumbunya yang meresap sih tambah buat kalap deh. Apalagi ada Pempek Nyonya Kamto dengan rasa ikannya yang beneran berasa banget berpadu dengan kuah cukonya, waduh siap-siap timbangan aku pasti bakalan naik nih dan butuh more time buat olahraga hahaha.

Satu menu lagi nih EATers yang buat aku impress pas mampir ke Festival Jajanan Bango ini sendiri yaitu Ayam Bakar Rood Foodie, soalnya bumbunya beneran meresap sampai kedalam daging terus ada keremesan dan serondeng juga disana. Oh iya selain makan berat kalau kamu mau ngedessert juga tersedia loh disini dari klappertart, es pisang ijo dan lain-lain. Pokoknya aku kemarin pas mampir ke Festival Jajanan Bango 2018 nggak nyesal deh dan bakalan mau mampir lagi tahun depan, soalnya selain fasilitasnya yang beneran memadai, pilihan kuliner yang banyak lalu harganya juga worth yaitu sekitaran IDR 20K hingga 35K pokoknya beneran senang banget deh aku kesini. Jadi nggak sabar buat mampir ke Festival Jajanan Bango lagi tahun depan, buat kamu yang tahun ini nggak mampir sih rugi berat dan aku saranin mending mampir deh tahun depan.

__________________________________________________________________________________________

Festival Jajanan Bango 2018 

  • Jakarta :

14 -15 April 2018

Park and Ride Thamrin, Jakarta.

  • Makassar :

05 – 06 Mei 2018

Lapangan Karebosi, Makassar.

Social Media :

Instagram : @bangowarisankuliner

Twitter : @warisankuliner

Facebook : @bangowarisankuliner

Website : http://www.bango.co.id

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s