Almond Tree Kitchen Hopping Experience (Making Matcha Bun, Red Velvet Roulade and Screaming Mango) 

Halo EATers, apa kabar kamu hari ini? semoga dalam keadaan sehat ya dan tentunya selalu excited untuk mendengar ceritaku. Kali ini aku bakalan berbagi cerita sama kamu nih mengenai pengalamanku kemarin mengikuti event Almond Tree Kitchen Hopping yang tentunya diselenggarkan oleh salah satu cakes and pastries shop di Indonesia. Siapa lagi kalau bukan Almond Tree by The Harvest. Jadi nih EATers kemarin seru banget aku bergabung dan mengikuti acara kitchen hopping ini sendiri disana aku belajar bagaimana sih membuat cake beserta minuman yang tentunya sudah tersedia di Almond Tree itu sendiri. Daripada kamu penasaran, yuk langsung saja ikuti ceritaku selengkapnya.

Almond Tree 

Dekorasi dioutlet Gandaria City

Meja aku di Almond Tree Kitchen Hopping (Gandaria City)

Host dan Chef mulai menjelaskan menu yang akan dibuat

Kesempatan serta pengalaman yang sangat menyenangkan bisa mengikuti event ini loh EATers buatku, soalnya emang aku itu orangnya suka banget sama yang namanya makanan terutama cake atau dessert. Jadi nih dievent Almond Tree Kitchen Hopping ini sendiri kita diajak belajar berkreasi dan membuat cake, pastry ataupun minuman juga loh. Aku kebagian untuk mengunjungi store Almond Tree yang ada di Gandaria City dan Ampera, jadi aku disini membuat 1 menu dioutlet Gandaria City kemudian dilanjutkan membuat 2 menu lagi dioutlet Ampera. Perjalanan perpindahan dari outlet keoutlet itu menggunakan bus yang telah disediakan oleh pihak penyelenggara, jadi keingat waktu study tour dulu hahhaa.

Kegiatanku bersama Almond Tree dimulai dari outlet Gandaria City, pertama kali ketika aku duduk dimeja yang telah disiapkan aku disana langsung melihat berbagai peralatan yang ada. Ada telor, tepung, trimit, coklat chip dan matcha. Kira-kira apa yang akan aku buat disini ya? muncul tanda tanya dalam pikiranku penasaran 😬 .

Akhirnya setelah semua peserta telah hadir kemudian chef dan host langsung memulai acaranya. Tentunya rasa penasaran masih saja muncul, tetapi tentunya chef dan host menjelaskan mengenai menu yang akan aku buat disini dan ternyata adalah Matcha Bun. Mendengar yang aku buat adalah matcha bun memang terdengar sangat mudah ya, hanya donat. Tetapi ternyata nggak semudah yang aku bayangkan loh, tentunya dalam membuat kue diperlukan ketelitian dan pastinya kesabaran guna mencapai hasil yang maksimal.

Menggunakan celemek Almond Tree

Tentunya sebelum memulai proses baking aku harus menggunakan celemek guna menghindari bahan-bahan yang mengotori pakaian dan disini aku menggunakan celemek Almond Tree, btw keren juga celemeknya. Setelah celemek digunakan langsung aku memulai proses baking menu pertama disini, sebelum kita melakukan sendiri tentunya aku mendengarkan arahan dari chef langkah-langkah atau tahapan yang harus dilakukan.

Bun yang masih belum diproses
Bun dicelupkan kecairan matcha

Matcha Bun ala Andre Sarwono

Setelah chef memberikan arahan mengenai langkah demi langkah yang harus aku lakukan dalam membuat Matcha Bun ini, aku langsung melakukannya sendiri. Pertama aku membuat lubang horizontal diantara bun tersebut tetapi tidak boleh menembus kebagian satunya kemudian memasukan filling matcha menggunakan plastik corong. Untuk fillingnya itu disesuaikan dengan keinginan kita tetapi sebaiknya sih jangan terlalu banyak, takut meledak hehehe. Setelah filling dimasukan secukupnya kemudian celupkan bagian atas bun kecairan matcha diputar-putar sedikit lalu diangkat.

Perlahan-lahan cairan matcha yang menempel dipermukaan bun akan mengeras, lalu matcha bun tersebut aku hias deh sesuai dengan kreasiku. Tentunya aku menghias matcha bun tersebut menggunakan coklat chip serta trimit. Jadi warna-warni begitu deh, seru sekali dan tidak terlalu sulit untuk pembuatan matcha bun satu ini. Tetapi tetap diperlukan ketelitian serta kesabaran kalau engga bisa gawat nih dan tidak rapi juga. Seru sekali, jadi nggak sabar tentunya untuk membuat beberapa menu selanjutnya.

Setelah selesai membuat menu pertama dioutlet Gandaria City, aku dan peserta lainnya melanjutkan kegiatan dioutlet berikutnya yaitu Almond Tree cabang Ampera. Perpindahan dari outlet pertama ke outlet berikutnya ditempuh menggunakan bus wisata yang telah disediakan oleh pihak penyelenggara, seru banget deh pokoknya. Ingat naik bus wisata aku jadi keinget jalan-jalan study tour bareng teman-teman sekolah dulu.

Selama dibus aku masih dilanda rasa pensaran mengenai menu-menu yang akan aku buat dan kreasikan dioutlet Ampera. Apa nih kira-kira ya?!. Setelah beberapa saat perjalanan dari outlet Gandaria City, akhirnya aku dan peserta lainnya telah tiba dioutlet Ampera. Sesampainya dioutlet Ampera pas sekali jam makan siang, jadi pas aku sampai disana kita makan siang dulu deh sebelum memulai proses baking lagi. Semua menu makan siang disediakan oleh pihak penyelenggara loh, jadi jangan takut kelaperan pas tengah hari. Karena ada lunch kok!.

Bahan-bahan Screaming Mango

Setelah selesai makan siang kemudian aku dan peserta lain mulai melanjutkan kegiatan dimana salah satu menu yang aku buat ini adalah Screaming Mango. Dari nama menunya saja sudah dapat diprediksi pasti terdapat sentuhan pedas didalamnya, ternyata benar Screaming Mango ini sendiri menggunakan tabasco didalamnya selain itu tentunya menggunakan potongan buah mangga asli, paprika beserta dengan chili flakes diatasnya.

Memotong Buah Mangga
Memasukan tabasco
Buah mangga diblender
Menuangkan buah mangga didalam gelas
Proses Finishing
Proses Finishing

Pertama-tama ketika membuat menu ini aku membagi mangga menjadi 2 bagian, bagian pertama aku gunakan sebagai bahan jusnya dan bagian satunya digunakan untuk potongan buah mangga diatasnya alias topping. Jadi didalam potongan buah mangga yang akan di jus tentunya dimasukan 1 sendok teh tabasco (jangan berlebihan nanti kamu kepedasan) beserta es batu lalu diblender deh.

Setelah es batu, potongan buah mangga dan tabasco menyatu dan telah menjadi jus tuangkan jus mangga tersebut kedalam gelas lalu setelah penuh (jangan sampai kepenuhan, dikarenakan akan diberikan topping) kamu mulai melakukan finishing deh dengan memberikan potongan buah mangga yang telah dipotong dadu, paprika yang telah dibuang bijinya dan chili flakes diatasnya. Banyaknya topping dapat kamu sesuaikan dengan selera kamu ya EATers.

Tentunya sangat senang sekali bisa membuat minuman sendiri, jadi serasa bartender yang lagi magang di Almond Tree nih aku jadinya hehehe, seru banget!. Masih mau buat minuman lagi dong hahaha sensasi potong-potong buahnya itu loh yang seru abis. Tentunya menu yang aku buat dioutlet ampera ini tidak hanya Screaming Mango loh EATers, saat-saat yang ditunggu-tunggu tiba dan akhirnya waktunya aku untuk membuat cake! yeayyy!!! dan ternyata cake yang akan aku buat dan kreasikan ini adalah   salah satu varian cake yang baru saja rilis dan diperjualbelikan untuk umum. Cake yang aku buat ini bernama Red Velvet Roulade, senang sekali rasanya bisa membuat cake satu ini karena emang salah satu varian cake favoritku itu adalah red velvet loh, ingetin loh siapa tau ada yang mau kasih aku kue ulang tahun ke aku pas ultahku nanti (ngarep 😂 wkwk) .

Bahan-Bahan Red Velvet Roulade

Dan inilah bahan-bahan yang akan aku gunakan untuk membuat Red Velvet Roulade ini, ada cetakan, cream cheese beserta layer yang berwarna merah ini. Melihat warna merah panjang dan lebar jadi ngingetin aku sama keset WELCOME wkwk tetapi tentunya ini bukan keset loh ya melainkan layer yang akan menjadi lapisan luar dari Red Velvet Roulade ini sendiri.

Memasukan layer Red Velvet 
Mengisi layer dengan cream cheese
Memasukan Coklat Matcha yang telah dibekukan
Menutup dan merapikan cream cheese hingga rata
Memberi layer kecil red velvet ditengah bagian
Mengisi bagian kosong dikiri dan kanan layer dengan cream cheese hingga rata 
Menutup dengan layer red velvet  

Untuk membuat Red Velvet Roulade ini sendiri pertama-tama aku memasukan layer red velvet yang paling panjang kemudian merapikannyan hingga sama rata kemudian memasukan cream cheese hingga hampir setengah dari permukaan layer. Setelah layer terisi dengan cream cheese kemudian aku memasukan lagi coklat matcha yang telah beku teksturnya sih mirip kayak kit-kat green tea gitu sih tapi bukan kit-kat ini. Setelah coklat matcha dimasukan lalu aku mengisi bagian kosong dikiri dan kanan coklat matcha juga dengan cream cheese hingga bagian atasnya hingga rata.

Setelah coklat matcha telah dirapikan dan diisi dengan cream cheese waktunya diberikan layer red velvet kecil ditengahnya lalu setelah itu isi bagian kosong dikiri dan kanan layer dengan cream cheese juga hingga merata dan setelah itu langsung tutup deh bagian atasnya dengan potongan layer red velvet yang lebih besar. Kemudian tutup cetakan dan dibawa langsung ke freezer untuk didinginkan.

Red Velvet Roulade yang baru keluar dari freezer 
Proses menghias Red Velvet Roulade
Proses menghias Red Velvet Roulade
Red Velvet Roulade
Red Velvet Roulade 

Setelah beberapa saat kemudian Red Velvet Roulade kemudian dikeluarkan dari freezer dan sekarang waktunya untuk menghias kuenya sesuai dengan keinginan. Jadi disana terdapat berbagai macam garnish yang bisa digunain ada macaroon, white chocolate, daun mint, strawberery, cream cheese, chocolate chip, gula halus dan lain-lain. Jadi setelah tahap demi tahap selesai dilakukan sekarang adalah waktunya untuk proses menghias kue ini sendiri.

Tentunya pengalaman yang sangat berkesan dan tidak akan pernah terlupakan loh bisa bergabung dan berpartisipasi dalam acara Almond Tree Kitchen Hopping ini sendiri dan tentunya akun akan mau ikutan lagi deh dikesempatan selanjutnya, Oh iya kamu juga bisa ikutan loh dan gabung dalam acara ini, untuk info lebih lanjut kamu bisa langsung cek aja deh akun sosial media mereka serta website resmi mereka. Aku yakin kamu nggak bakalan menyesal deh pokoknya kalau bergabung, soalnya kamu bakalan dapat pengalaman seru aja kayak aku gini. Selain itu cake hasil kreasi kamu juga dapat dibawa pulang loh!. Yuk daftarkan diri kamu dan cobain sendiri pengalaman baking bersama dengan Almond Tree.

____________________________________________________________________________________________

Location :

Almond Tree

Gandaria City Mall, Island Unit #IU – 103 lantai 1

Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

JL. Ampera Raya No.17

Cilandak, Jakarta Selatan.

Social Media :

Facebook : @almondtreecakes

Twitter : @almondtreecakes

Instagram : @almondtreecakes

Website : http://www.almondtreecakes.com

More info about Almond Tree Kitchen Hopping :

http://www.kitchenhopping.almondtreecakes.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s