Padang Merdeka, Kota Tua, Jakarta 

Selamat Sore EATers, kalau sebagai orang Indonesia pasti kita selalu makan masakan Indonesia , entah itu untuk sarapan pagi, makan siang ataupun makan malam. Jadi sudah tertanam deh kalau mau makan apapun pasti harus ada nasi putih dengan berbagai macam lauk pauk yang banyak menggunakan rempah-rempah. Salah satunya adalah nasi padang, dari namanya saja sudah dapat kita ketahui ya bahwa jenis makanan ini berasal dari pulau paling barat Indonesia yaitu adalah pulau sumatera yang lebih tepatnya berada di Provinsi Sumatera Barat dengan ibukotanya Padang. 

Sejujurnya emang aku itu kalau ditanya suka makan makanan apa, pasti aku bakal bilang makanan Indonesia. Karena emang dari kecil sudah kebiasaan lidah ini makan masakan Indonesia yang banyak rempahnya. Sama seperti makan makanan Padang loh, biasanya umumnya restoran atau rumah makan padang yang pernah aku kunjungi itu panas, dan tidak ber ac hanya menggunakan kipas angin dengan dekorasi atau interior yang biasa saja. Pengalaman berbeda ketika aku mencoba makan makanan padang disalah satu restoran padang yang ada didaerah Kota Tua, Jakarta. Yuk simak cerita lebih lanjut mengenai pengalaman mencoba masakan padang di Padang Merdeka

Nasi Padang – PADANG MERDEKA

Siang ini aku berkunjung kekawasan kota tua macet itu sudah pasti karena memang daerah kota tua itu sudah tak asing lagi bagi para turis mancanegara maupun turis lokal. Apalagi aku main kedaerah sini diakhir pekan, tetapi karena saking penasarannya aku dengan restoran Padang yang baru buka ini aku memutuskan untuk tetap mampir kesini. Pertama kali aku masuk kedalam restoran Padang Merdeka ini suasana interior yang berbeda menyambut aku, panas cuaca Jakarta seketika hilang ketika aku memasuki area restoran padang ini.
 
Wall of Fame – PADANG MERDEKA
Wall of Fame – PADANG MERDEKA
Wall of Fame – PADANG MERDEKA
Wall of Fame – PADANG MERDEKA

Bisa dikatakan bahwa restoran padang ini fancy alias mewah, berapa ya kocek atau uang yang harus aku keluarkan untuk makan direstoran padang satu ini, pasti kalau dipikir akan mahal tetapi waktu aku liat daftar menunya ternyata bisa dibilang restoran padang satu ini fasilitas bintang lima harga kaki lima. Untuk varian makanannya juga sama seperti rumah makan padang yang sering kita temui pada umumnya. Interiornya sangat menarik sekali restoran padang ini mengangkat tema perjuangan, btw ini adalah store pertama loh dari restoran Padang Merdeka. Ketika aku melihat-lihat desain serta interiornya nggak sengaja aku juga melihat susunan meja kursinya, yang katanya sih 100% hasil karya pengrajin lokal. Ini nih emang bener restoran yang modern tetapi tidak melupakan budaya lokal. 

Peta Indonesia dilangit-langit PADANG MERDEKA
Motif Batik dilangit PADANG MERDEKA
Ketika kearea tengah dari restoran ini nggak sengaja aku menengok keatas, langit-langitnya terdapat lampu yang berbentuk seperti peta Indosia serta batik toraja yang menghiasi pilar-pilar gedung restoran Padang Merdeka ini. Selain itu nilai-nilai seni bernuansa Indonesia juga terdapat loh di dinding-dinding restoran padang satu ini, sangat indah dan menawan. Ada grafiti yang menggambarkan persatuan seperti Bhineka Tunggal Ika serta tumpukan-tumpukan buku yang dilukis sedemikian indahnya yang tetap mengangkat nuansa Indonesia didalamnya .

Dendeng Balado
Dendeng Cabe Ijo
Rendang Sapi
Gulai Kikil
Ikan Balado
Ayam Goreng Kremes
Ayam Pop
Sayur Nangka
Ayam Gulai
Sambal Hati
Lauk siap diantar kemeja konsumen
 Dari tadi yang baru aku bahas interior serta konsepnya nih, sekarang pasti kamu sudah menunggu dari tadi, yaitu makanannya bagaimana sih. Kalau untuk menu makanan disini sama seperti restoran padang pada umumnya semua disajikan keatas meja kita lauknya dan bisa kita pilih sendiri loh EATers. Selain itu kalau kamu mau langsung milih menu yang kamu inginkan juga bisa loh. Kalau aku sih pasti makan nasi padang dengan daging rendang, ayam kremes dan ayam pop, perkedel dan sayur nangka/lodeh. 

Untuk ayam kremes disini bumbunya sangat meresap sekali kedalam dagingnya, kamu mau pilih paha atau dada juga tinggal request saja. Daging rendang disini juga sangat rekomen loh bumbunya benar-benar kaya akan rempah-rempah dan memang padang banget, tekstur daging sapinya juga sangat empuk loh. Ini nih yang tidak ketinggalan lauk di Padang Merdeka ini, yaitu adalah ayam pop. Yang jadi bikin ayam pop ini makin juara adalah saosnya yang pas dicocol dengan ayam popnya itu loh luar biasa getarin lidah banget. Selain ayam pop yang memiliki saos yang nikmat dan gurih luar biasa ayam kremes di Padang Merdeka ini juga punya saos yang nggak kalah enaknya loh. 
Menurut aku, dari lauk pauk serta sayuran direstoran Padang Merdeka ini tinggal kamu pilih sesuai selera kamu, karena pasti setiap dari kamu memiliki seleranya masing-masing dalam memilih lauk pauk pas makan nasi padang. Kayak teman aku ndiri nih kalau makan nasi padang maunya pakai kikil dan ayam pop doang, kalau aku sih makan nasi padang pasti milih daging rendang, perkedel, sayur nangka alias lodeh, kuah gulai dan sambal goreng (nggak pake hati soalnya aku ga doyan hehehe *hatinya sudah ada sama yang disana😂) .

Suasana PADANG MERDEKA
Suasana PADANG MERDEKA

Yang biasanya makan nasi padang sambil panas-panasan sekarang makan nasi padang fancy tetapi harganya sama kayak makan masakan padang pada umumnya. Bawa pacar, keluarga, teman dekat, rekan kerja juga nyaman dengan suasana yang nyaman serta mendukung. Bagi kamu yang mau pesan untuk acara pesta, meeting dan lain sebagainya juga bisa loh di restoran Padang Merdeka satu ini. 
Berikut adalah price list lauk di Padang Merdeka ;

– Rendang Sapi : IDR 20K

– Kikil Gulai : IDR 20K

– Dendeng Lombok Ijo : IDR 20K

– Dendeng Balado : IDR 20K

– Paru Sapi : IDR 20K

– Sate Padang : IDR 34K

– Ayam Pop : IDR 19.5K

– Ayam Kremes : IDR 19K

– Sayur Nangka : IDR 12K

– Perkedel : IDR 12K

– Sambal Ati Ayam : IDR 15.5K

– Sambal Ijo/Merah : IDR 9K

– Nasi Putih : IDR 8K 

Dan lain-lain.

(Update harga perbulan April 2017)

Bagaimana EATers mengenai restoran Padang Merdeka satu ini sangat menarik dan lain daripada yang lain bukan?. Mendingan daripada kamu ngiler dan cuma ngebayangin nikmatnya makan nasi padang ditempat fancy tetapi dengan harga yang sangat terjangkau. Mendingan langsung aja mampir ke Padang Merdeka ini. Yang main atau pas berkunjung ke kawasan kota tua ini juga langsung aja sempatin buat mampir dan cobain deh. Aku sih bakal balik lagi nanti pastinya hehehe. Sekian dulu EATers untuk cerita pengalaman serta sharing kali ini ya, semoga apa yang aku sampaikan dapat bermanfaat bagi kamu. 

______________________________________

Location : 

Padang Merdeka 

JL. Lada No.1

Pinangsia – Tamansari, Jakarta Barat. 

Phone : +62 691 9811 

Opening Hours : 09.30 AM – 12.00 mid-night 

Social Media ; 

– Instagram : @PadangMerdeka 

– Facebook : facebook.com/padangmerdeka 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s