Hemaviton #FoodPhilosophy Trip

Selamat Pagi EATers,
Kali ini aku mengikuti salah satu campaign dari hemaviton Cardio yaitu #FoodPhilosophy. Yuk, ikuti kegiatan aku hari ini untuk berkeliling Jakarta kulineran.

Sebelum itu aku akan menjelaskan sedikit tentang hemaviton. hemaviton itu sendiri merupakan salah satu Brand dari PT. Tempo Scan Pacific Tbk, antara lain terdapat beberapa produk dari hemaviton yaitu hemaviton Cardio, hemaviton Jreng, hemaviton C1000, hemaviton Skin Nutrient, hemaviton GluCare, hemaviton Action dan lain-lain.

Aku sendiri sudah menggunakan salah satu produk dari hemaviton loh EATers, yaitu hemaviton Cardio. Dimana sebagai seorang food blogger pasti seringkali aku menyantap hidangan yang mengandung lemak dan kolesterol tinggi, tetapi sekarang aku sudah tidak takut lagi karena sudah menggunakan hemaviton Cardio sehingga kondisi tubuh aku menjadi lebih seimbang dan kolestrol tetap terjaga. Soalnya asal kamu tau nih EATers, hemaviton Cardio itu mengandung phytosterol 500mg yang dapat melakukan pencegahan dini sebelum kolestrol masuk kedalam darah. Phytosterol itu sendiri berasal dari tumbuh-tumbuhan yang dapat menggantikan kolestrol yang diserap oleh saluran cerna.

Oleh karena itu, kalau kamu mengkonsumsi hemaviton Cardio 3 kali sehari pada saat atau setelah makan maka akan dapat membantu menurunkan kolestrol total dan kolestrol LDL didalam darah kamu. hemaviton Cardio juga diperkaya vitamin dan mineral antioksidan sehingga dapat juga memelihara kesehatan tubuh kamu. Banyak banget kan manfaatnya, makanya sekarang aku sudah nggak takut lagi sama makan makanan berlemak hehehhe. Sudah paham kan EATers!.Yukk, langsung aja ikuti kegiatan aku keliling Jakarta kulineran.

Pukul 07.00,
Aku berkumpul dikantor tempo yaitu digedung Tempo Scan Tower (Rasuna Said)

Pukul 08.00,
Ketika sudah berkumpul semua yaitu pemenang, staff serta teman-teman blogger. Aku diarahkan untuk menaiki bus yang akan digunakan untuk keliling Jakarta hari ini.

image
Soto Betawi Sambung Haji Ridwan

image

Pukul 09.15,
Sarapan pagi di Soto Betawi Sambung Haji Ridwan. Rumah makan ini didirkan oleh alm.Haji Ridwan dan pertama kali Haji Ridwan sendiri pada tahun 1972 berjualan nasi uduk. Tetapi, mulai tahun 90an beliau mulai meracik dan berjualan soto betawi.

Keunikan soto betawi adalah dengan menggunakan daging kualitas dua yang pastinya lebih enak dan menarik rasanya jika dimasak dengan cara yg benar dan kenunikan lainnya disini yaitu kuahnya berwarna merah, tetapi tidak pedas kok.

image
Tampak Luar
image
Tampak Luar

Pukul 11.05,
Aku sampai di Rumah Baba disini adalah tempat Chef Bara untuk melakukan demo masak yaitu Lontong Sayur Babanci khas Betawi. Dahulu makanan ini hanya disantap oleh kaum bangsawan suku betawi dan sekarang hampir punah serta jarang diketahui oleh masyarakat luas.

Banyak sumber yang mengatakan hal yang berbeda mengenai babanci ini. Tetapi yang bisa diterima dinamakan babanci karena hidangan ini bukan soto, bukan kari dan bukan gulai serta meskipun namanya ketupat sayur tetapi tidak dihidangkan dengan sayur makanya dinamakan Ketupat Sayur Babanci.

image
Demo Masak Chef Bara

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image
Ketupat Sayur Babanci

Berikut Bahan-Bahan untuk memasak Ketupat Sayur Babanci :

(Bumbu Yang dihaluskan)
– 9 Buah Bawang Merah
– 5 Siung Bawang Putih
– 8 Buah Cabe Merah Keriting
– 1 Ruas Jahe
– 1 Ruas Kencur
– Kemiri 5 Butir (sangrai)
– 2 sdt Ketumbar Bubuk
– 1/2 sdt Jinten Bubuk
– 1 sdt Terasi
– Minyak untuk menumis secukupnya
– 1 sdt Botor
– 1 sdt Kedaung
– Segenggam Kecil Daun Tahi Angin.

(Bahan Bumbu lainnya)
– Lengkuas 1 ruas jari (geprek)
– Daun Salam 3 Lembar
– Daun Jeruk Purut 7 Lembar
– Daun Adas (dill)

(Bahan Lain)
– 200ml Santan Kental
– 500ml Air Kelapa Muda
– Parutan dari 2 buah Kelapa Muda
– Asam Jawa secukupnya
– Air Secukupnya.
Untuk menyuguhkan ketupat/lontong, bawang goreng, daun bawang, emping, jeruk nipis dan sambal.

Cara Membuat :
1. Rebus daging sengkel dalam panci dengan air secukupnya hingga empuk, kurang lebih 1,5 jam, sisihkan dan simpan kaldunya.
2. Dalam wajan, sangrai parutan kelapa hingga coklat muda, sisihkan
3. Panaskan minyak dalam wajan, tumis bumbu yang telah dihaluskan dengan semua bumbu dan rempah lainnya hingga harum, masukan daging, kaldu daging, air kelapa muda dan santan
4. Tambahkan kelapa sangrai dan kelapa muda dan masak hingga matang.

Dari resep diatas bisa kamu coba nih memasak Ketupat Sayur Babanci khas Betawi ini. Jujur setelah aku nyobain ketupat sayur ini, aku suka banget dan pengen nambah terus. Rasa kuahnya yang gurih dengan daging yang empuk, nikmat banget.

image
Kerak Telor
image
Gurame Bumbu Pecak
image
Es Biang Kerok

Selain itu aku juga mencoba beberapa menu sekalian makan siang di Rumah Baba ini yaitu Kerak Telor, Gurame Pecak, Nasi Uduk dan Es Biang Kerok.Aku suka banget sama kerak telor dan gurame pecaknya, kerak telor disini masih autentik banget dan guramenya bumbunya gurih dan berasa banget. Apalagi ditambah dengan minum Es Biang Kerok, makin seger.

image
Ragusa Es Italia
image
Es Spaghetti

Pukul 15.15,
Tiba diRagusa. Es Italia yang sudah berdiri sejak tahun 1932 ini tentu sangatlah terkenal dikalangan masyarakat karena sudah berdiri sejak zaman penjajahan Belanda dahulu. Es krim favorit aku adalah es spaghetti, es krim ini berbentuk seperti spaghetti yang diberi berbagai macam topping.

Pukul 16.30,
Tiba di Kota Tua. Disini Hemaviton mengadakan kontes foto selfie, dimana hasil foto selfie terbaik akan mendapatkan hadiah spesial dari Hemaviton.

image
Udang Api Saos Tiram
image
Cumi Goreng Tepung
image
Kerang Hijau Saos Pedas
image
Kepiting Laki Saos Padang

Pukul 18.30,
Tiba di Santai Malam 1001. Disini kita menyantap makan malam yaitu seafood, antara lain Kerang Hijau Saos Pedas, Cumi Goreng Tepung, Udang Api Saos Tiram, Kepiting Laki saos padang.

Aku suka banget seafood disini terutama cumi goreng tepungnya. Benar-benar krispy dan menggetarkan lidah deh. Selain itu kepiting laki saos padang disini dan kerang hijaunya harus kamu cobain karena bumbunya nikmat banget.

Pukul 20.00,
Setelah selesai makan malam akhirnya kegiatan aku hari ini bersama dengan Hemaviton #FoodPhilosophy telah berakhir. Tentu seru bukan ?!

Ini adalah kegiatan yang berkesan bagi aku, karena dapat berkuliner keliling Jakarta dan mencoba menu-menu autentik Betawi dan lain sebagainya. Ini menandakan bahwa kuliner nusantara tidaklah kalah dengan kuliner asing, dan tentunya pasti memiliki rasa yang tidak kalah enaknya.

Oleh karena itu kita sebagai generasi bangsa ini harus menjaga dan mencintai kuliner nusantara, sehingga tidak punah termakan usia. Eitss, jangan lupa tenang deh nggak usah takut makan makanan berkolestrol tinggi sekarang karena ada hemaviton Cardio.
————————————————–
Instagram : @HidupHealthy
Website : https://www.hemaviton.com/infoodgraphic/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s